Tempat wisata baru disumbar Rumah pohon sarasah dan air terjun kuau

By The jokers - Saturday 31 December 2016 No Comments
Jalan semut -Baru-baru ini kabupaten batang anai membuka tempat wisata baru, dan menjadi destinasi wisata yang populer, walaupun tempat wisatanya belum banyak dikenal orang tapi wisata ini cukup ramai pengunjung. Tempat wisata yang dimaksud adalah Air Terjun Sarasah Kuau yang sering disebut dengan Air Terjun Sarasah dan rumah pohon sarasah. Objek wisata alam ini berada di kawasan Bukit Barisan, di Kabupaten Padangpariaman, tepatnya di Desa Kuliek, Kenagarian Sungaibuluh.

Letak lokasi wisata adalah jika kita dari daerah pariaman / padang panjang berarti lokasinya terletak sesudah jembatan belok kekiri, tapi jika anda dari daerah kota padang berarti sesudah masjid yang berdiri megah sebelah kiri dan ada simpang kekanan maka masuk kesimpang itu nanti ada petunjuk jalannya.

objek wisata yang ada disana adalah, yaitu :

Tempat wisata ini memang jauh kedalam hutan, disana kita perlu menyewa pemandu sekitar rp. 30.000,- dan membayar parkir permotor. nanti pemandu akan memandu kita kedalam hutan. Disana ada 2 tujuan wisata yang pertama ke air terjun kuau dan yang kedua rumah pohon.



Air terjun sarasah kuau
Asal nama sarasah adalah karena air terjun ini mengalir di bebatuan sedangkan nama kuau karena di area sekitar air terjun terdapat gelanggang kuau. Dulu nama Air Terjun ini adalah Sarasah Indah, tapi telah diubah menjadi Sarasah Kuau dalam rapat LPHN bngai Buluh.

Jarak tempuh dari pos parkir di gedung pertemuan LPHN ke air terjun ini lebih kurang 3 kilometer dengan waktu tempuh sekira 1 jam. Medan yang dilalui tidak terlalu sulit karena sudah ada jalan setapak yang dibuat warga. Sepanjang perjalanan, pengunjung disuguhi pemandangan alam Sungaibuluh.



Rumah pohon sarasah
Tak jauh dari air terjun ini terdapat objek wisata lain yang tak kalah indah, yaitu rumah pohon yang baru berdiri tanggal 5 Agustus 2016 lalu. Dari rumah pohon ini pengunjung bisa melihat hamparan Padangpariaman dan juga menyaksikan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dari kejauhan. Dapat juga disaksikan pemandangan laut nan indah sembari merasakan kesejukan udara di alam yang masih terjaga kelestariannya.

jarak tempuh ke rumah pohon dari pos parkir kira kira 25 menit, tapi jalannya tidak semulus jalan ke air terjun kuau tadi, jalan ke rumah pohon sangat terjal dan mendaki. Dijalan nanti kita disuguhi pemandangan alam perbukitan yang indah dan mempesona. Banyak para pengunjung yang letih dan capek ketika mau kerumah pohon, memang sih jalan kesana menanjak dan memguras tenaga, tapi pemandangan yang indah menanti diatas.

Sarasah dikelilingi oleh pebukitan. Pada bagian timur terdapat rumah kayu yang dapat digunakan wisatawan untuk menginap. Sensasi menginap di dalam hutan tentu sangat berbeda dengan menginap di hotel. Apalagi suasana hutan yang jauh dari kebisingan, ditemani suara burung dan gemericik suara air terjun. Sangat cocok bagi pengunjun yang ingin santai dan rehat sejenak menyegarkan diri setelah berjibaku dengan kesibukan kerja seharian. Lokasi rumah kayu sangat strategis. Dari halaman rumah kita dapat melihat laut, burung-burung yang beterbangan, dan tentu saja melihat Air Terjun Sarasah Kuau.

No Comment to " Tempat wisata baru disumbar Rumah pohon sarasah dan air terjun kuau "