Mengapa Semut Selalu Berhenti Saat Berpapasan?

By Pbryan Arsca Prtama - Wednesday 8 February 2017 No Comments





Jalan semut  -  Semut adalah salah satu hewan ciptaan Allah swt yang jiwa korsanya sangat tinggi. Mereka hidup secara berkelompok dengan jumlah yang sangat besar.

Lalu pernahkan anda memperhatikan sekelompok semut yang sedang berjalan dalam satu jalur? Pasti anda juga pernah melihat ketika semut berhenti jika berpapasan dengan semut lainnya. Ternyata hal ini memiliki alasan tersendiri.


Ini bisa terjadi karena setiap semut yang berpapasan, dikarenakan mereka akan saling memberitahu satu sama lain, apakah di jalur yang mereka lalui ada makanan, atau malah ada musuh.

Dan
 fakta unik ini terungkap dalam video yang di publikasikan oleh Nature Documentaries lewat Vimeo. New York University, TC Schneirla-pun menjadikan video ini sebagai bahan penelitian.


Dalam penelitian tersebut, ilmuan menaruh satu semut di dalam wadah yang berisi makanan, dan satu semut lainnya dalam wadah yang berisi musuh semut. Hasilnya saat semut berpapasan satu sama lain ternyata saat itu pula mereka sedang mengeluarkan zat - zat kimia dari makanan ataupun musuh.

Mereka pun akan bersentuhan. Saat bersentuhan inilah antena mereka digunakan untuk memberi tahu semut lainnya.(PAP)el-paC

Tags:

No Comment to " Mengapa Semut Selalu Berhenti Saat Berpapasan? "