3 Hari Kedepan Umat Islam Dilarang Berpuasa

By Form Pendaftaran Peserta IT Boot Camp - Thursday 15 September 2016 No Comments

Hari Tasyrik adalah hari raya umat Islam setelah Idul Adha yang berlangsung selama tiga hari yakni pada tanggal 11, 12 dan 13 dzulhijjah. Pada hari tersebut umat Islam diseluruh dunia dilarang berpuasa.

Imam besar Masjid Istiqlal Jakarta, KH Nasaruddin Umar menghimbau kepada seluruh umat muslim supaya menghormati datangnya hari Tasyrik. Kiai Nasarudin mengatakan larangan berpuasa di hari Tasyrik sudah dimulai hari ini dan akan berlangsung tiga hari ke depan yakni hari Selasa, Rabu dan Kamis.



Alasan umat Islam dilarang puasa di hari Tasyrik adalah pada tiga hari itu merupakan hari untuk makan dan minum sesuai dengan hadits Rasulullah Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Thabrani.



Namun, Kiai Nasaruddin mengatakan bahwa pada hari Tasyrik, umat muslim masih diperbolehkan menunaikan kurban, jika tak sempat melakukannya pada hari raya Idul Adha di hari pertama "Kita tidak boleh melakukan puasa tetapi kita masih diberikan kesempatan berkurban," tuturnya.
Seperti diketahui, hari Tasyrik merupakan hari raya umat Islam yang jatuh setelah Idul Adha yaitu hari ke 11, 12 dan 13 pada bulan zulhijjah menurut kalender Islam. Pada hari tersebut jamaah yang menunaikan ibadah haji sedang berada di Mina.
Hari tasyrik merupakan salah satu hari di mana umat Islam dilarang berpuasa karena pada hari Tasyrik adalah hari untuk makan dan minum, sesuai hadits Rasulullah Muhammad yang diriwayatkan Thabrani.

Tags:

No Comment to " 3 Hari Kedepan Umat Islam Dilarang Berpuasa "