Gempa guncang Ntt sampai ke bali, warga berhamburan keluar rumah

By The jokers - Saturday 31 December 2016 No Comments
Jalan semut -kemaren telah terjadi gempa di Ntt, gempa yang terjadi terasa sampai ke bali, gempa mengakibatkan para warga berhamburan keluar rumah. Gempa terasa sangat besar, dan membuat saya terkejut, kata seorang petani kepada salah seorang admin kami.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Mochammad Riyadi menyatakan, gempa 6,6 SR yang mengguncang wilayah Sumba Barat, NTT tidak berpotensi Tsunami. Gempa berada di laut pada jarak 79 km arah selatan Kota Bima dengan kedalaman 98 km.

Geteran gempa juga dirasakan cukup kuat di Sumbawa Barat selama 3 detik lamanya, di kota mataram juga gempa terasa selama sekira 5 detik. Sedangkan untuk di kabupaten Dompu, gempa terasa selama 5 detik, juga begitupun di sebagian besar wilayah bali juga merasakan, gempa selama 5 detik, hingga membuat warga berhamburan keluar dari rumah.

“Berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap), BMKG memperkirakan gempa ini dapat berdampak kerusakan ringan di daerah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi, seperti Sumba bagian barat dan utara, serta daerah Bima bagian selatan,” kata Riyadi dalam keterangan tertulis, pada Jumat (30/12/2016).

Selain itu, getaran gempa juga dirasakan meluas hingga wilayah lain dengan skala instensi lebih kecil, yakni antara II skala Intesitas Gempa (SIG) BMKG atau III MMI di lombok, Sumbawa Barat, Sumba Timus, Ende dan Maumere.

“Gempa bumi ini merupakan gempa berkedalaman menengah yang terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng. Dalam hal ini Lempeng Indo-Australia menyusup ke bawah Lempeng Eurasia dengan laju 67 mm/tahun,” tutur Mochammad Riyadi.



Proses subduksi ini, juga memicu deformasi batuan pada slab lempengan indo-australia di zona Benioff pada keladaman hingga 98 kilometer dibawah cekungan Lombok (Lombok Basin) bagian timur laut. Berdasarkan anlisis dari pihak terkait BMKG hal ini tidak akan menyebabkan potensi Tsunami, namun diharapkan kepada warga agar selalu waspada dan selalu patuhi pihak berwenang.

“Hasil monitoring BMKG selama sejam pasca terjadinya gempa bumi, baru terjadi satu kali gempa susulan dengan kekuatan 4,4 SR. BMKG akan terus melakukan monitoring perkembangan aktivitas gempa bumi susulan dan hasilnya akan disampaikan kepada masyarakat. Untuk itu kepada masyarakat pesisir di NTB dan NTT dihimbau agar tetap tenang,” ungkap Mochammad Riyadi. (Al) jalan semut

No Comment to " Gempa guncang Ntt sampai ke bali, warga berhamburan keluar rumah "