Mengenal Apa itu MySQL Dan Pengembangannya

By Fanatik News - Monday 26 September 2016 8 Comments

APA ITU MySQL?

MySQL
(bisa dibaca dengan mai-es-ki-el atau bisa juga mai-se-kuel) adalah suatu perangkat lunak database relasi (Relational Database Management System atau RDBMS), seperti halnya ORACLE, Postgresql, MS SQL, dan sebagainya. Jangan disalah-artikan MySQL dengan SQL. SQL (singkatan dari Structured Query Language) sendiri adalah suatu sintaks perintah-perintah tertentu atau bahasa (pemprograman) yang digunakan untuk mengelola suatu database. Jadi, MySQL dan SQL adalah dua 'makhluk' yang berbeda. Mudahnya, MySQL adalah softwarenya, dan SQL adalah bahasa perintahnya.

MySQL SEBAGAI DATABASE SERVER
Software database mulai bermunculan seiring dengan bertambahnya kebutuhan akan database server. Salah satu dari pendatang baru dalam dunia database ialah MySQL, sebuah server/klien database SQL yang berasal dari Skandinavia. MySQL terdiri atas server SQL, klien program untuk mengakses server, tools untuk administrasi, dan interface program untuk menulis program sendiri.

Pengembangan MySQL dimulai pada tahun 1979 dengan tool database UNIREG yang dibuat oleh Michael "Monty" Widenius untuk perusahaan TcX di Swedia. Kemudian pada tahun 1994, TcX mulai mencari server SQL untuk mengembangkan aplikasi Web. Mereka menguji beberapa server komersial namun semuanya masih terlalu lambat untuk tabel-tabel TcX yang besar.

Tahun 1995 David Axmark dari Detro HB berusaha menekan TcX untuk merelease MySQL di Internet. Ia juga membuat dokumentasi MySQL yang di-build untuk GNU configure utility. MySQL 3.11.1 dipublikasikan di dunia tahun 1996 dan didistribusikan untuk Linux dan Solaris. Sekarang ini MySQL bekerja untuk banyak platform serta tersedia source codenya.

8 comments to ''Mengenal Apa itu MySQL Dan Pengembangannya"

ADD COMMENT
  1. Replies
    1. Sama-sama gan, terima kasih telah berkunjung ke blog kami

      Delete
  2. nice artikel gan..
    ane baru masuk javascript.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semangat ya gan :)
      Terima kasih sudah mengunjungi blog kami

      Delete
  3. Mantap artikelnya gan, , jadi menambah pengetahuan saya tentang mysql.

    ReplyDelete
  4. wow mantap sekali gan

    Artikelnya bagus, thanks for sharing. Izin sharing gan :)

    ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ
    AGEN POKER ONLINE
    AGEN DOMINO99 ONLINE
    AGEN BANDARQ

    Website Kami : Romeopoker.com
    Daftar Disini : DAFTAR
    BBM : D1BC1787
    LINE : 188ROMEOPOKER
    YM : CSROMEOPOKER@YAHOO.COM

    ReplyDelete